Senin, 24 September 2012

1998: Bom Omagh - Sebuah Sejarah Bom Omagh di Irlandia Utara

Thumbnail Sketch:Pada tanggal 15 Agustus 1998, Real IRA melakukan tindakan yang paling mematikan terorisme di Irlandia Utara sampai saat ini. Sebuah bom mobil berangkat di pusat kota di Omagh, Irlandia Utara, menewaskan 29 dan melukai ratusan orang.Siapa:Nyata IRA (Real Tentara Republik Irlandia)Dimana:Omagh, County Tyrone, Irlandia UtaraKetika:15 Agustus 1998Cerita:
Pada tanggal 15 Agustus 1998, anggota Real Republik Irlandia paramiliter Tentara memarkir mobil merah marun dikemas dengan 500 lbs bahan peledak di luar sebuah toko di jalan perbelanjaan utama Omagh, sebuah kota di Irlandia Utara. Menurut laporan kemudian, mereka berniat untuk meledakkan gedung pengadilan lokal, tapi tidak bisa menemukan parkir dekat dengan itu.
Anggota RIRA kemudian membuat panggilan peringatan tiga telepon ke badan amal lokal dan stasiun televisi lokal peringatan bahwa sebuah bom akan pergi lama. Pesan mereka tentang lokasi bom yang ambigu, meskipun, dan usaha polisi 'untuk membersihkan daerah tersebut akhirnya bergerak lebih dekat ke orang sekitar bom. RIRA membantah tuduhan bahwa mereka telah sengaja memberikan informasi menyesatkan. RIRA mengambil tanggung jawab atas serangan pada 15 Agustus.
Orang di seluruh serangan digambarkan sebagai mirip dengan zona perang atau ladang pembantaian. Deskripsi dikumpulkan dari televisi dan pernyataan cetak oleh Wesley Johnston:

    
Aku berada di dapur, dan mendengar ledakan besar. Semuanya jatuh pada saya - lemari meniup dari dinding. Hal berikutnya yang saya punya meledak keluar ke jalan. Ada kaca pecah di mana-mana - tubuh, anak-anak. Orang-orang berada di dalam-out. -Jolene Jamison, pekerja di toko terdekat, Nicholl & Shiels

    
Ada anggota badan berbohong tentang yang telah meledak orang. Semua orang berlari putaran, mencoba untuk membantu orang. Ada seorang gadis di kursi roda berteriak minta tolong, yang dalam cara yang buruk. Ada orang-orang dengan luka di kepala, perdarahan. Satu anak laki-laki muda itu setengah dari kakinya benar-benar meledak. Dia tidak menangis atau apa. Dia hanya dalam keadaan lengkap shock. -Dorothy Boyle, saksi

    
Tidak bisa mempersiapkan saya untuk apa yang saya lihat. Orang-orang tergeletak di lantai dengan kaki hilang dan ada darah di seluruh tempat. Orang-orang menangis minta tolong dan mencari sesuatu untuk membunuh rasa sakit. Orang lain yang menangis mencari kerabat. Anda tidak bisa benar-benar dilatih untuk apa yang Anda telah melihat kecuali Anda dilatih di Vietnam atau di tempat seperti itu. Relawan-Nurs pada adegan di Tyrone County Hospital, rumah sakit utama Omagh itu.
Serangan itu begitu ngeri Irlandia dan Inggris yang akhirnya mendorong maju proses perdamaian. Martin McGuiness, pemimpin politik sayap Sinn Fein IRA itu, dan pihak Presiden Gerry Adams mengutuk serangan itu. Perdana Menteri Inggris Tony Blair mengatakan itu adalah "tindakan mengerikan kekejaman dan kejahatan." Undang-undang baru ini juga dengan segera diperkenalkan di Inggris dan Irlandia yang membuatnya lebih mudah untuk mengadili tersangka teroris.
Investigasi dalam segera setelah pemboman tidak muncul tersangka individu, meskipun Real IRA adalah tersangka langsung. The RUC ditangkap dan diinterogasi sekitar 20 tersangka dalam enam bulan I. menyusul serangan tersebut, tapi tidak bisa pin tanggung jawab pada salah satu dari mereka. [RUC singkatan Royal Ulster Constabulary. Pada tahun 2000, ia berganti nama menjadi Kepolisian Irlandia Utara, atau PSNI]. Colm Murphy didakwa dan dinyatakan bersalah bersekongkol untuk menyebabkan kerusakan pada tahun 2002, namun tuduhan itu dibatalkan di tingkat banding pada tahun 2005. Pada tahun 2008, keluarga korban mengajukan gugatan perdata terhadap lima orang yang mereka tetapkan berperan dalam serangan. Kelima termasuk Michael McKevitt, yang dihukum dalam kasus yang dibawa oleh negara 'mengarahkan terorisme, "Liam Campbell, Colm Murphy, Seamus Daly dan Seamus McKenna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Musik

Cari Artikel Blog